Sabtu, 12 November 2016

Permodalan Koperasi

Pengertian Modal Koperasi
 
adalah sejumlah dana yang digunakan untuk setiap perkumpulan atau organisasi dalam melakukan kegiatan untuk mencapai tujuannya.
Modal koperasi berasal dari modal sendiri maupun pinjaman anggota atau lembaga sesuai dana  dengan keperluan lingkup dan jenis usahanya. Dalam mendirikan usaha minimal adalah jumlah anggota pendiri.

Sumber Permodalan dalam Koperasi

Permodalan merupakan hal mutlak yang wajib dimiliki, tidak terkecuali dalam koperasi. Modal merupakan dana utama dengan jumlah tertentu dan digunakan untuk menjalankan roda usaha. Modal merupakan hal penting dan utama dalam koperasi. Tidak adanya sumber dana atau modal dalam menjalankan koperasi, maka roda organisasi koperasi tidak akan berjalan. Sumber permodalan koperasi ini dapat berupa modal-modal jangka pendek maupun modal jangka panjang yang diterima. Selain itu, melalui sumber permodalan koperasitersebut, diharapkan koperasi memiliki berbagai rencana pelaksanaan dan pembelakaran koperasi yang berjalan dengan konsisten, agar segala hal yang dilakukan tidak menyebabkan resiko tinggi. 

Berbagai sumber permodalan koperasi diantaranya adalah :

1.Modal Sendiri
  • Simpanan pokok
    Simpanan pokok merupakan sumber permodalan koperasi. Simpanan pokok ini diperoleh dari hasil uang wajib yang disetorkan oleh anggota koperasi dan masuk dalam perhitungan kas koperasi. Simpanan pokok ini biasanya diambil pada saat anggota masuk dalam organisasi koperasi pertama kali. Simpanan pokok memiliki sifat tetap dan tidak dapat dimabil oleh anggota koperasi selama menjadi anggota aktiv koperasi.
  • Berupa simpanan wajib
    Simpanan pokok disini merupakan setoran wajib yang diberikan oleh anggota koperasi yang nominalnya disesuaikan dengan tujuan dan usaha yang dijalankan oleh koperasi serta merujuk pada kebutuhan dana yang harus dikumpulkan. Hal inilah yang harus dilakukan sehingga tercapai jumlah dana tertentu yang dapat digunakan untuk menunjang berbagai kebutuhan koperasi dan berjalannya kegiatan koperasi. Simpanan wajib menjadi salah satu sumber permodalan koperasi.
  • Dana cadangan
    Dana cadangan juga merupakan salah satu sumber permodalan koperasi. Dana cadangan ini diperoleh dari uang hasil usaha koperasi yang dikumpulkan dan merupakan sisa hasil yang tidak dibagikan pada anggota koperasi. Dana cadangan ini dikumpulkan untuk menjadi modal yang digunakan apabila dibutuhkan dana yang mendadak atau keperluan tiba-tiba sehingga tidak terjadi kerugian dalam koperasi.
  • Hibah
    Hibah disebut juga sebagai bantuan atau sumbangan. Hibah merupakan sumber permodalan koperasi yang diberikan secara gratis dan Cuma-Cuma bukan merupakan hutang dan tidak perlu dikembalikan. Asal bantuan hibah ini dapat bermacam-macam, diantaranya adalah dari pemerintah atau organisasi lainnya. Tidak perlu ada timbal balik atau balasan apapun dalam hibah.
2. Modal Pinjaman
  • Pinjaman anggota
    Pinjaman anggota merupakan sumber permodalan koperasi. Hal ini diperoleh dari pinjaman yang diberikan oleh anggota koperasi yang masuk dalam simpanan sukarela. Bedanya, dalam pinjaman anggota, nominal dari dananya tidak bergantung pada kerelaan anggota, melainkan memiliki nominal tetap senilai tertentu dan masuk dalam catatan pinjaman. Hal ini ditentukan oleh masing-masing organisasi koperasi.
  • Pinjaman dari koperasi lain
    Pinjaman ini didasarkan pada adanya kerjasama dari tiap badan usaha untuk membantu satu sama lain. Hal ini dapat berupa bantuan dalam hal kebutuhan modal. Lingkup kerjasama dan perjanjian diatur sedemikian rupa sesuai kesepakatan dari dua belah pihak. Bisa masuk dalam ruang lingkup yang sempit maupun ruang lingkup yang luas. Tergantung pada kebutuhan akan modal yang diperlukan.
  • Pinjaman dari lembaga keuangan
    Lembaga keuangan memberikan prioritas pinjaman untuk permodalan koperasi. Hal ini termasuk dalam berbagai persyaratan dan keringanan lainnya. Hal ini sesuai dengan moto dan tujuan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui badan usaha koperasi.
  • Obligasi dan surat hutang
    Melakukan penjualan obligasi maupun surat hutang juga dapat dilakukan untuk sumber permodalan koperasi. Hal ini bertujuan untuk memperoleh dana dari luar ruang lingkup keanggotaan koperasi. Hal ini sudah diatur dengan jelas dan sesuai dengan ketentuan yang ada pada otoritas pasar modal. Hal ini bisa menjadi pilihan untuk menambah modal koperasi.
  • Sumber keuangan lain
    Sumber-sumber lain dapat digunakan sebagai sumber permodalan koperasi. Hal ini disesuaikan dengan peraturan dan tata cara yang diperlukan. Terdapat beberapa sumber keuangan yang dapat digunakan sebagai rujukan peminjaman modal.


Sumber modal menurut UU No. 12 tahun 1967 pasal 32, yaitu :
  1. Modal koperasi terdiri dan dipupuk dari simpanan-simpanan, pinjaman-pinjaman, penyisihan-penyisihan hasil usahanya termasuk cadangan-cadangan dan sumber lain.
  1. Simpanan anggota di dalam koperasi terdiri atas :
  • simpanan pokok;
  • simpanan wajib;
  • simpanan sukarela.
  1. Simpanan sukarela dapat diterima oleh koperasi dari bukan anggota.

Sedangkan menurut UU No. 25 tahun 1992 pasal 41, yaitu :

  1. Modal sendiri (equity capital) bersumber dari :
  • simpanan pokok;
  • simpanan wajib;
  • simpanan cadangan;
  1. Modal pinjaman (debt capital) bersumber dari :
  • anggota;
  • koperasi lainnya dan/atau anggotanya;
  • bank dan lembaga keuangan lainnya;
  • penerbitan obligasi dan surat hutang lainnya;
  • Sumber lain yang sah.
Nama : Desy Rahmawati
NPM  :12214803
Kelas  :3EA38 

http://www.seputarukm.com/mengenal-dan-mengetahui-berbagai-sumber-permodalan-koperasi/ 
http://kementeriankoperasi.com/modal-koperasi-berasal-dari/

2 komentar:

  1. Saya bernama Suranto Nina dari Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan semua yang mencari pinjaman agar berhati-hati karena ada scammers dimana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kerugian finansial, dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di singapura dan saya scammed. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya tersandung pada pemberi pinjaman bernama Mrs Nicole Morgan, yang meminjamkan saya pinjaman dengan jumlah 800 juta dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%.

    Setelah pinjaman saya dipindahkan ke rekening bank saya, saya tercengang saat melihat saldo akun saya dan mendapati jumlah yang telah saya terapkan telah dikirim langsung ke rekening saya oleh Mrs Nicole Morgan tanpa penundaan. Dan saya berjanji kepadanya bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa hambatan. Jadi, jika Anda perlu meminjam sesuatu, hubungi Mrs. Nicole Morgan melalui email: nicolemorganloan@gmail.com. Dan Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: ninasuranto4@gmail.com. Tolong saya ingin Anda memanfaatkan informasi ini dan bebas dari perjuangan finansial Anda.

    BalasHapus
  2. Halo,
    Saya Nurliana Novi Saya ingin membagikan karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi buruk di beberapa negara.
     Saat ini saya tinggal di jakarta disini di indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada bulan Juli 2016 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya.
    Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 4-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan bahwa teman-teman saya menjelaskan situasiku dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang dipercaya oleh ELINA JOHNSON LOAN FIRM.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman dari ELINA JOHNSON LOAN FIRM Rp500.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam setelah saya melamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui ELINA JOHNSON LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya mohon saran anda jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ELINA JOHNSON LOAN FIRM. Hubungi mereka melalui email:. (elinajohnson22@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurliananovi96@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus